Wajib Di Perhatikan! Syarat Dan Ketentuan Pengguna Jasa Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Apakah Anda berencana untuk ekspor barang dari Indonesia ke luar negeri? Sebelum memilih jasa ekpedisi Anda terlebih dahulu harus mengenal penyedia jasa ekspor barang ke luar negeri yang akan Anda gunakan. Kilo.id merupakan jasa pengiriman barang ke luar negeri yang akan menjadi solusi bagi Anda yang akan mengirim barang ekspor.

jasa ekspor barang ke luar negeri

Syarat Dan Ketentuan Pengiriman Barang Ke Luar Negara

Sebelum mengirim barang ke luar negeri hal utama yang harus Anda perhatikan adalah syarat dan ketentuan pengiriman barang ke luar negeri. Di samping ketentuan umum, setiap jasa pengiriman mempunyai kebijakan sendiri. Berikut adalah syarat dan ketentuan umum pengguna jasa ekspor barang ke luar negeri melalui Kilo.id.

  • Dasar perhitungan berat diambil dari mana yang lebih besar antara berat aktual dan berat Dimensi (rumus Berat Dimensi: Panjang x Lebar x tinggi /5.000).
  • Berat dan Dimensi akan dilakukan pengukuran ulang dan hasil pengukuran akhir yang akan di gunakan sebagai patokan ongkos kirim. Hal ini memungkinkan adanya selisih berat.
  • Pembayaran, setelah penerbitan AWB biaya dibayarkan di muka.
  • Tidak menerima segala jenis claim sementara / claim pasti atas barang dengan kondisi paking original isi kurang. Isi barang tidak sesuai dengan daftar paking, barang mudah pecah/ rusak/ bocor. Barang tidak di kemas sesuai standard ekspor. Penyusutan karena sifat alami dari barang itu sendiri.
  • Setiap jenis pengiriman harap dikonfirmasikan terlebih dahulu. Tidak menerima barang dengan waktu expired tertentu atau waktu yang sangat pendek. Barang yang tidak sesuai dengan dokumen dan barang tender / barang musiman. Keterlambatan diakibatkan maskapai/ shipping line/ Redline/ offload/ bencana alam. Barang rusak akibat unsur alam/ bencana alam dan lainnya, atau barang rusak/ pecah/ berubah bentuk.
  • Dalam kasus barang tertahan di negara tujuan dan ada pilihan barang harus di return/ hancurkan, maka pilihannya adalah dihancurkan. Bila barang ingin dikembalikan ke alamat pengiriman asal, maka biaya akan ditanggung oleh pengirim.
  • Tagihan ditentukan dari penghitungan antara berat atau volume barang, mana yang lebih besar.
  • Kurir akan melakukan penimbangan akhir berat dan pengukuran volume barang, dan tagihan berdasarkan pada penghitungan akhir oleh kurir.
  • Ada tambahan uang jaminan biaya kirim sebesar 1 kg. Jika penimbangan akhir dan pengukuran volume barang oleh Kurir sesuai dengan Invoice dari pengirim, maka Deposit sebesar 1 kg akan di kembalikan kepada pengirim.
  • Selisih biaya kirim yang di sebabkan karena perbedaan pada penimbangan dan pengukuran akhir oleh kurir akan diinformasikan dalam 7-10 hari kerja.
  • Pengirim diharuskan membayar selisih kekurangan tagihan kepada┬áid sebelum barang diberangkatkan.
  • Biaya pengiriman belum termasuk Duty tax di negara tujuan yang akan menjadi tanggung jawab penerima barang.

Itu tadi syarat dan ketentuan pengiriman barang ke luar negeri. Setelah mempelajarinya Anda bisa mempersiapkan semua hal dan barang yang akan dikirim sesuai ketentuan yang berlaku sehingga terhindar dari kesalahan. Jika masih belum jelas Anda bisa berkunjung ke https://kilo.id/jasa-kirim-ekspor/indonesia-japan untuk mendapatkan informasi lebih jelas.