4 Penyebab Anemia Aplastik

Sumsum tulang adalah salah satu bagian tubuh yang mempunyai peranan vital agar seseorang dapat tetap sehat. Fungsi dari sumsum tulang yang paling utama adalah membentuk dan menjaga sel darah terus terbarui. Hal ini berguna untuk menggantikan sel-sel darah yang telah rusak dan tua dengan yang baru.

Gangguan yang menyebabkan sumsum tulang tidak dapat memproduksi sel darah baru, sehingga tubuh kekurangan disebut juga dengan anemia aplastik. Kondisi ini dapat menyebabkan kamu kekurangan salah satu jenis sel darah atau bahkan semuanya. Seseorang yang mengalami masalah pada sumsum tulang, maka kelainan yang berbahaya mungkin saja terjadi. Namun, apa saja kondisi yang dapat menjadi penyebabnya? Berikut ulasan selengkapnya!

penyebab anemia aplastik

Segala Hal yang Dapat Menyebabkan Anemia Aplastik

Anemia aplastik adalah gangguan pada sumsum tulang yang dapat secara drastis mampu mengurangi produksi dari semua jenis sel darah, yaitu merah, putih, dan trombosit, atau salah satunya saja. Seseorang yang mengidap penyakit ini dapat berupa akut atau kronis. Selain itu, penyakit ini termasuk dalam kondisi yang langka dan dapat menimbulkan masalah yang serius jika tidak segera diatasi.

Seseorang yang mengidap anemia aplastik, maka tubuhnya akan kekurangan sel darah baru. Dengan kondisi tersebut, pengidap gangguan ini kerap merasa lelah dan lebih rentan untuk terserang infeksi dan pendarahan yang tidak terkontrol. Maka dari itu, setiap orang harus menghindari segala hal yang dapat meningkatkan risiko dari penyakit ini. Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia aplastik:

1. Perawatan Radiasi dan Kemoterapi

Salah satu kondisi yang dapat menjadi penyebab anemia aplastik adalah perawatan radiasi dan kemoterapi yang biasanya dilakukan untuk mengatasi kanker. Terapi ini berguna untuk melawan sel kanker yang berada di dalam tubuh, tetapi juga dapat merusak beberapa sel sehat, termasuk sel induk di sumsum tulang. Anemia aplastik bisa menjadi efek samping sementara dari perawatan ini.

2. Terpapar Bahan Kimia

Paparan bahan kimia terutama yang beracun, seperti yang terkandung dalam pestisida dan insektisida serta benzena yang terkandung dalam bensin ternyata memiliki kaitan untuk mengakibatkan anemia aplastik. Meski begitu, kamu dapat membuat gangguan tersebut menjadi lebih baik jika menghindari paparan berulang terhadap bahan kimia yang menjadi penyebabnya.

3. Infeksi Virus

Kamu juga dapat mengidap anemia aplastik jika terserang virus yang telah menginfeksi bagian sumsum tulang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat sumsum tulang mengalami gangguan, produksi sel darah yang sehat akan bermasalah. Beberapa virus yang berhubungan dengan penyakit ini, antara lain hepatitis, Epstein-Barr, cytomegalovirus, parvovirus B19, serta HIV.

4. Penyakit Autoimun

Anemia aplastik juga dapat terjadi saat seseorang mengidap penyakit autoimun. Hal ini terjadi saat sistem imun di dalam tubuh menyerang sel-sel sehat di sekitarnya. Saat menyerang sumsum tulang, maka gangguan yang menyebabkan tersendatnya produksi sel darah dapat terjadi. Maka dari itu, seseorang yang mengidap penyakit autoimun harus segera mendapatkan penanganan.

Sekarang kamu tahu beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anemia aplastik untuk terjadi. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu dapat lebih berhati-hati terhadap gangguan terkait sumsum tulang, terutama jika mengidap penyakit-penyakit tersebut. Pastikan untuk mengambil tindakan dini agar tubuh cepat sembuh.